Rabu, 24 Juni 2015

Tuhan Yesus Mencintaiku



Hari minggu tanggal 7 Juni 2015 tampak istimewa. Hari itu adalah Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus. Sejak jam 8 pagi Aula Pandu sudah diramaikan oleh anak-anak yang berbaju putih-putih dan wajah ceria. Mereka pada hari itu akan menerima Komuni Pertama setelah mengikuti pembekalan selama 3 bulan. Orang tua mereka juga tidak kalah bahagianya. Sejak malam minggu beberapa orangtua bekerja keras menyusun kursi, meja, menghias aula dengan rangkaian balon cantik berwarna biru muda. Kompak sekali, sebab merekapun telah sering bertemu yaitu pada 5 (lima) pertemuan pembekalan orangtua oleh para pastor di Paroki Pandu.
Pukul 09.15, dengan bimbingan guru-guru pendamping yang setia, anak-anak berbaris rapi memasuki Gereja dan mengikuti misa dengan khusyuk. Liturgi Sabda hari itu terasa spesial karena Bacaan Kitab Suci maupun Mazmur dibawakan oleh anak-anak yang membawakannya dengan baik.
“Tuhan Yesus Mencintaiku”, begitulah tema Komuni Pertama di Paroki Pandu tahun ini. Memang Tuhan Yesus begitu mencintai kita semua, sehingga menyerahkan Tubuh dan Darah-Nya bagi kita. Dan di setiap perayaan Ekaristi Yesus selalu hadir, dan kehadiran-Nya disimbolkan dengan lilin yang menyala di kanan-kiri Altar dan di Tabernakel, demikian menurut Pastor Didi OSC dalam homilinya. Pastor Didi berpesan kepada anak-anak, bahwa  dengan menyantap Tubuh dan Darah Kristus, maka Yesus hadir juga di dalam diri kita, sehingga kita juga harus menjadi terang bagi orang-orang di sekitar kita dengan cara berbuat baik dan benar. Semoga saja pesan pastor ini dilaksanakan oleh anak-anak setelah menerima komuni yang pada hari itu diberikan dalam dua rupa yaitu Hosti dan Anggur. Wah, bahagia sekali. Kebahagiaan ini dicerminkan dalam salah satu lagu  yang dibawakan oleh koor Campanella Voce, yaitu lagu “Karena aku Kau cinta”.
Selesai misa, anak-anak bergegas ke Aula untuk mengikuti perayaan syukur. Setelah mendengarkan sambutan Pejabat Pastor Paroki yaitu Pastor Didi OSC, wakil Guru dan wakil orangtua; pak Stephanus yang menjadi MC mengadakan kuiz berhadiah. Hadiahnya cukup banyak, dan pertanyaannya mudah, antara lain: siapa Pastor Paroki kita, siapa nama lengkap Pastor Didi OSC yang hari itu memimpin misa, apa nama Paroki kita, dan lain-lain. Lucunya, ketika ditanya hari ini hari raya apa, sebagian besar anak menjawab “Hari Raya Komuni Pertama”. Ahaha .... iyalah, nak ....  bagi kalian ini hari raya yang istimewa ya, tapi namanya adalah “Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus”. 
Acara dilanjutkan dengan kreativitas kelompok. Ada yang bernyanyi, ada yang menampilkan tablo perjamuan makan terakhir. Setelah itu, acara ditutup dengan pembagian “goodie bag” yang berisi Alkitab, patung kecil, buku saku doa, snack, dan masih banyak lagi. Waaah, luar biasa ya acara hari itu. Terimakasih kepada para Pastor  yang  telah memberi pembekalan pada orangtua  dan anak-anak, terimakasih kepada guru-guru pendamping, panitia orangtua, donatur, petugas liturgi dan semua pihak yang telah mendukung komuni pertama ini. Anak-anak, Tuhan Yesus mencintaimu, sambut Dia dengan rajin mengikuti misa dan terima komuni ya. Selamat!

Tidak ada komentar: